ips Sehat Memasak Kentang dan Telur Yang Aman Buat Penderita Diabetes

Tips Sehat Memasak Kentang dan Telur Yang Aman Buat Penderita Diabetes

ips Sehat Memasak Kentang dan Telur Yang Aman Buat Penderita Diabetes
Tips Sehat Memasak Kentang dan Telur Yang Aman Buat Penderita Diabetes

Tips Sehat Memasak Kentang dan Telur Yang Aman Buat Penderita Diabetes menjadi perhatian para penggiat diet sehat. Salah satu diet sehat yang banyak dilakukan oleh mengatur pola makan rendah kalori sehingga asupan gula ke dalam tubuh masih dalam tahap wajar dan terkontrol. Ahli diet banyak memberikan ulasan bahwa batas maksimal kalori yang masuk ke dalam tubuh per hari adalah 1200 kkal.

Tips Sehat Memasak Kentang dan Telur Yang Aman Buat Penderita Diabetes
Tips Sehat Memasak Kentang dan Telur Yang Aman Buat Penderita Diabetes

Jumlah kalori tersebut penting untuk dikendalikan agar jangan berlebih. Kelebihan kalori yang masuk ke dalam tubuh setiap hari tidak bisa terbakar menjadi energi sehingga masuk ke dalam gula darah. Akibat gula darah yang berlebih menyebabkan kerja organ penting pankreas menjadi berat. Dalam jangka panjang pangkreas bisa rusak dan tidak bisa lagi mengolah kalori menjadi energi. Kondisi ini dikenal sebagai diabetes.

Orang menganggap kelebihan kadar gula darah sama dengan kelebihan makan atau minum yang manis-manis saja. Padahal sejatinya tidaklah demikian sepenuhnya. Gula darah meningkat akibat asupan kalori. Tiap makanan memiliki kadar kalori masing-masing. Tidak hanya gula saja.

Ambil contoh saja, satu piring nasi yang kita konsumsi. Umumnya sepiring nasi mengandung 250 kkal. Jadi, dalam sehari makan 3 piring nasi, maka asupan kalori kita dari nasi sudah mencapai 750 kkal. Belum lagi asupan dari menu makanan lainnya.

Contoh lain mie goreng satu bungkus setara dengan sepiring nasi tadi yaitu 250 kkal. Jika kita makan sepiring nasi dengan lauk mie goreng maka artinya setara dengan makan 2 piring dalam satu kali makan. Ingat, jatah maksimal kalori per hari adalah 1200 kkal. Jika berlebih dan dalam jangka panjang akan berdampak pada kelebihan kadar gula dalam darah.

Salah satu solusi mengontrol kadar gula dalam darah akibat asupan kalori dari nasi adalah menggantinya dengan kentang. Sebutir kentang mengandung 89 kalori. 21,08 gram karbohidrat. 0,15 gram lemak. Ambil 2 butir per sekali makan masih setara dengan separuh nasi dengan tingkat kekenyangan yang lebih baik. Kentang baik untuk menu diet rendah kalori namun punya dampak kurang baik dari sisi vitalitas pria dewasa. Mengapa demikian?

Dilansir dari rilis media https://www.medicalnewstoday.com/articles/325186 7 foods that kill testosterone list – Medical News Today perlu teknik dalam memasak kentang seperti berikut ini:

Tips memasak
Panggang kentang untuk mengeluarkan rasa alaminya, dan makanlah tanpa topping. Kentang memiliki rasa yang manis dan lembut secara alami.

Untuk memanggangnya di sekitar api unggun atau di atas barbekyu, bungkus dengan aluminium foil dan letakkan di arang yang sekarat. Biarkan sekitar 50–60 menit, hingga garpu dapat dengan mudah masuk ke dalamnya.

Orang yang tidak berencana memakan kulitnya dapat memasukkan kentang ke dalam bara api tanpa membungkusnya dengan kertas timah.

Untuk menyiapkan ubi dengan cepat, tusuk-tusuk dengan garpu, bungkus dengan handuk kertas, dan masukkan ke dalam microwave dengan api besar sampai lunak.

Jika seseorang ingin menambahkan topping, coba:

taburan kayu manis, jinten, atau bubuk kari
sesendok keju cottage rendah lemak atau yogurt Yunani
gerimis minyak zaitun
Cara lain untuk memasukkan ubi jalar ke dalam makanan termasuk menambahkan ubi jalar panggang dan pecan ke dalam salad dan menambahkannya dengan cuka balsamic, dan menambahkan ubi jalar ke panekuk atau kentang goreng.

Leave a Reply

Your email address will not be published.