Strategi Social Media Marketing untuk Launching Produk yang Dilakukan Oleh Event Organizer Indonesia Jakarta

Saat ini, setidaknya ada 2,3 miliar orang di seluruh dunia aktif menggunakan media sosial, menurut survey dari sebuah lembaga survey internasional, Statista. Bahkan ketika peluncuran produk yang digelar oleh sebuah event organizer Indonesia sekalipun, media sosial menawarkan solusi yang efektif dan murah untuk pemasar yang kreatif.

Kampanye Social Media Marketing harus kreatif dan unik. Kita bisa mencari ide-ide dari event organizer berikut ini untuk menginspirasi strategi media sosial marketing untuk peluncuran produk kita:

Luncurkan kampanye promosi yang kreatif

Sebelum meluncurkan produk, kita perlu membangkitkan rasa ingin tahu pemirsa target kita. Melakukan promosi atraktif dengan menyampaikan berbagai informasi secara lengkap penting untuk dilakukan. Cara ini bisa diatur sedemikian hingga publik punya rasa ingin tahu tinggi dan mencari tahu akan ada apakah gerangan? Ini yang diincar pemasar yang kreatif yang disarankan oleh event organizer Indonesia Jakarta.

Tantang penggemar dan tawarkan hadiah

Apakah kita ingin melibatkan orang jauh sebelum peluncuran produk kita yang sebenarnya? Menciptakan tantangan menarik dengan janji insentif yang sesuai dapat menjadi strategi media sosial yang efektif untuk mempromosikan peluncuran produk kita. Ambil, misalnya, bagaimana HBO menantang penggemar “Game of Thrones” untuk hastag #CatchDrogon sebelum premiere Season 5 dari seri ini benar-benar diluncurkan.

Menawarkan ulasan produk di balik layar

Seperti halnya media sosial, ulasan produk di balik layar adalah cara yang bagus untuk melibatkan penggemar sebelum peluncuran produk baru. Ketika kita memposting foto dan video yang menampilkan apa yang terjadi di belakang layar, sama artinya dengan kita terus-menerus melibatkan audiens dan mempertahankan minat mereka terhadap produk kita.

Misalnya saja sutradara film top dunia Colin Trevorrow. Dia selalu update info untuk penggemarnya dengan berbagai suguhan foto di balik layar untuk “Jurassic World” sebelum dirilis. Dia memposting gambar non baku untuk memberi tahu para penggemar bahwa mereka telah selesai syuting film.

Buat hashtag dan bikin kontes yang menarik

Hashtag mendorong pengguna untuk berbagi konten dan menawarkan daya tarik terkait dengan orang-orang yang berpikiran sama. Salah satu contohnya adalah tagar #WellTravelled yang telah menarik jutaan pengguna di seluruh dunia. Daripada mengiklankan nama merek atau produk yang sebenarnya, Herschel membagikan tema yang terkait dengan merek tersebut.

Selain itu kontes juga bisa jadi cara yang efektif dalam sosial media marketing. Ketika orang diberi kesempatan untuk memenangkan sesuatu, mereka cenderung lebih bersemangat untuk mencari tahu produk yang sudah Anda targetkan. Intinya, kita harus kreatif dan up to date.

Photo Produk yang Mampu Meningkatkan Penjualan Dalam Launching Produk

Dalam strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan online, “sebuah gambar bernilai seribu kata”. Pada pertengahan 90-an, banyak orang pesimis saat Amazon mengeluarkan program reseller dengan alasan bahwa orang-orang tidak akan membeli tanpa menyentuh barang dagangan terlebih dahulu.

Kini jaman telah berubah. Hampir 20 tahun berlalu, dengan penjualan e-commerce B2C global 5,7% dari tahun ke tahun, yang diperkirakan terus akan meningkat bahkan mencapai $ 885,70 miliar pada tahun 2015, saat ini kita sadar bahwa konsumen dapat membeli produk tanpa perlu memeriksa barang dagangan secara langsung! Salah satu faktor utama yang membantu pembeli potensial untuk yakin membeli produk adalah citra produk dalam sebuah foto yang menarik.

Berikut ini beberapa kiat penting untuk memastikan gambar produk kita bisa mengonversi tingkat kunjungan agar lebih baik dan menghasilkan penjualan.

Kualitas Gambar

Foto/gambar utama kita harus sangat tajam. Situs sekelas Amazon, misalnya, sangat ketat dalam pedoman gambar mereka. Misalnya saja latar belakang putih murni dan produk yang mengisi 85% + bingkai. Tidak ada keuntungan yang lebih besar bagi pembeli yang tertarik pada produk Anda selain dari gambar produk yang kasar. Pastikan kita mematuhi panduan foto yang dibuat oleh marketplace tempat Anda menjual produk.

Ukuran Foto Besar tapi Jangan Over

Jangan terhanyut dengan mengunggah gambar besar. Sebuah studi terkenal oleh Amazon menemukan bahwa setiap penundaan 100ms waktu buka halaman menyebabkan hilangnya 1% dalam penjualan. Foto ukuran terlalu besar membuat waktu loading jadi lama. Intuit juga menemukan bahwa setiap peningkatan 1 detik pada waktu pemuatan halaman menghasilkan peningkatan konversi sebesar 3%.

Pembeli online kurang sabar jadi jangan membuat mereka menunggu terlalu lama! Jika gambar kita terlalu besar, harus di edit agar hasilnya optimal.

Video sebagai alternatif gambar bergerak

Di antara gambar/foto yang ada, kita bisa membuat “tampilan lain”, pertimbangkan untuk memperkenalkan produk dalam bentuk video. Tidak ada cara yang lebih baik untuk menampilkan produk daripada menampilkannya dari semua sudut dan dalam penggunaan yang sebenarnya. Video bisa mewakili strategi meningkatkan penjualan ini.

Tampilan foto dan grafik yang informatif bisa sangat membantu. Gambar, teks dan grafik demonstratif bisa jadi kombinasi pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan secara efektif.

Strategi Melampaui Kompetitor Dalam Persaingan Bisnis Online

Dalam sebuah bisnis, penting bagi kita untuk mempertahankan posisi kita di pasar tetap berada di atas para pesaing kita. Persaingan ada di setiap pasar, apalagi pada bisnis online. Jadi, bagaimana mereka melakukannya? Berikut adalah strategi sederhana namun ampuh untuk mengalahkan pesaing bisnis online kita.

Jangan Lupakan Tentang Media Sosial

Saat ini, sangat jarang sebuah perusahaan TIDAK menggunakan media sosial untuk tujuan pemasaran. Entah itu Facebook, LinkedIn, Google+, Twitter, atau platform sosial lainnya yang semakin populer, pesaing Andapun juga demikian. Cari tahu platform sosial mana yang mereka gunakan dan kemudian secara konsisten memantau aktivitas mereka. Baca ulasan mereka, kalau perlu pertimbangkan untuk bergabung dengan daftar email mereka agar bisa menganalisa kompetitor tersebut. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda tidak akan melewatkan perkembangan apa pun yang berdampak pada bisnis kita.

Manfaatkan Teknologi

Google Trends merupakan salah satu platform yang bisa kita gunakan untuk melihat topik, penelusuran, dan video apa yang sedang tren saat ini secara online. Situs ini berfungsi dengan baik untuk mengidentifikasi pesaing Anda dan juga Anda dapat menggunakannya untuk melihat apakah pelanggan menelusuri bisnis kita atau orang lain.

Kita juga dapat mencari produk dan melihat apa yang sedang dibicarakan pengguna. Kita juga dapat menggunakan Google Trends untuk mempelajari lebih lanjut tentang volume pencarian kata kunci untuk analisa persaingan produk.

Bangun ceruk kita sendiri untuk memiliki lebih banyak peluang untuk bisnis kita

Pasar yang sudah penuh sesak dengan produk sejenis memiliki sedikit ruang untuk ekspansi. Sangat penting untuk menawarkan sesuatu yang unik kepada pelanggan kita untuk membangun ceruk kita sendiri dan meminimalkan persaingan yang ada. Bagaimana caranya? Mendengar ulasan, review atas sebuah produk dalam berbagai forum bisa jadi masukan yang baik untuk menentukan ceruk bisnis yang tepat.

Buat konten kita mudah untuk dibagikan

Banyak orang suka berbagi kabar baik dan ide-ide hebat, jika kita adalah pemilik ide tersebut Anda harus membuatnya mudah bagi mereka untuk membagikannya. Produk kita makin mudah dikenal dengan sistem berbagi seperti ini. Saat ini Anda hanya perlu menambahkan tombol berbagi sosial ke situs kita. Twitter, Facebook, LinkedIn, dan lainnya menawarkan opsi berbagi ini. Tambahkan mereka ke situs kita dan biarkan lalu lintas pengunjung bisnis kita tumbuh dengan pesat. Di dalam bisnis online jauh lebih mudah bisnis tumbuh pesat namun relatif mudah juga untuk jatuh. Keterbukaan informasi dan perubahan yang cepat inilah yang perlu dipahami pemilik bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *