Mengenal Google Adsense YouTube, Cara Daftar dan Persyaratannya

Posting ini adalah tentang bagaimana Anda dapat memonetisasi konten Anda di YouTube untuk mulai menghasilkan revenue. Empat aturan baku untuk menghasilkan uang di YouTube adalah:

  • Anda harus memiliki 1.000 pelanggan di saluran YouTube Anda
  • Video Anda telah menghasilkan 4.000 jam Waktu Tonton selama 12 bulan terakhir
  • Anda mematuhi semua kebijakan dan pedoman YouTube
  • Anda telah menyiapkan akun AdSense

Mengenal Google Adsense YouTube, Cara Daftar dan Persyaratannya

# 1 Persyaratan Program Mitra YouTube

Umumnya dikenal sebagai Program Mitra YouTube, atau singkatnya YPP, Anda harus memenuhi keempat persyaratan sebelum saluran Anda diterima.

Mari kita mulai dengan 1.000 pelanggan. Yang satu ini cukup mudah, tidak peduli berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mendapatkan 1.000 pelanggan, setelah Anda mencapai tonggak itu, Anda telah mencapai persyaratan itu.

Selain 1.000 pelanggan, Anda juga memerlukan 4.000 jam Waktu Tonton di video Anda selama 12 bulan terakhir. Ada beberapa kebingungan dengan yang satu ini, jadi izinkan saya mencoba menjelaskannya. Pertama-tama, ini bukan tentang berapa banyak konten video yang Anda, pembuat konten YouTube tonton.

Hal ini semua terkait tentang seberapa banyak konten video ditonton di saluran Anda dari orang-orang di seluruh dunia. Itu adalah durasi video yang telah ditonton orang di saluran Anda dalam 12 bulan terakhir (dari tanggal tertentu). Anda bisa saja memiliki 4.000 jam Waktu Tonton sepanjang masa saluran Anda, tetapi hanya 12 bulan terakhir yang dihitung untuk persyaratan Program Mitra YouTube.

Beberapa hal lain yang perlu Anda beri tahu tentang Waktu Menonton. Streaming langsung memang diperhitungkan dalam total itu. Video tidak publik juga diperhitungkan dalam total itu. Tetapi jika Anda menghapus video apa pun, Waktu Tonton tersebut akan dihapus dari jam Waktu Tonton saluran Anda.

Dan satu hal lagi, jika Anda sudah tergabung dalam Program Mitra YouTube, dan jika saluran Anda kurang dari 4.000 jam Waktu Tonton, YouTube tidak akan secara otomatis menghapus Anda dari program mitra, tetapi mereka dapat melakukannya atas kebijaksanaan mereka sendiri. Jika Anda menginginkan video yang lebih mendetail tentang topik 4.000 jam secara khusus, tonton video ini:

Siap mengembangkan saluran YouTube Anda?

Daftar gratis

Jika ingin memeriksa kemajuan persyaratan di atas, Anda dapat melakukannya dengan mengklik logo Anda di pojok kanan atas sebagian besar halaman YouTube, lalu mengklik YouTube Studio Beta. Anda dapat melihat semua analisis Anda di sini, tetapi untuk memeriksa kemajuan monetisasi dengan cepat, arahkan mouse Anda ke “Fitur lain”, lalu klik “Status dan Fitur”.

Pada layar ini, Anda akan melihat kotak monetisasi, dan jika Anda mengklik “Pelajari lebih lanjut”, ini akan memberi tahu Anda dengan tepat posisi Anda saat ini dengan pelanggan dan jam Waktu Tonton.

Tetapi jika semua itu terdengar seperti terlalu banyak kerja keras, maka kami memiliki alat gratis yang akan melakukan semua ini lebih cepat dan lebih efisien. Jika Anda mengunduh dan menginstal perangkat lunak vidIQ di hampir semua layar YouTube, Anda akan melihat kumpulan statistik waktu nyata tentang saluran Anda.

Ini akan menunjukkan kepada Anda penayangan saluran Anda per jam, penayangan selama 48 jam terakhir, dan jumlah pelanggan Anda. Namun hal yang sangat keren adalah aplikasi ini akan melacak kemajuan Anda hingga 4.000 jam Waktu Tonton juga! Setelah Anda mencapai 4.000 jam, angka itu akan berubah menjadi hijau untuk menunjukkan bahwa Anda telah mencapai persyaratan monetisasi.

# 2 Mengikuti Aturan YouTube untuk Monetisasi

Berikutnya dalam daftar adalah buku peraturan. Jika Anda ingin memonetisasi konten Anda, Anda harus memastikan bahwa Anda mematuhinya, seperti yang dinyatakan YouTube:

Saat Anda mendaftar untuk Program Mitra YouTube, Anda akan melalui proses peninjauan standar untuk melihat apakah saluran Anda memenuhi kebijakan dan pedoman YouTube. Hanya saluran yang sesuai dengan mereka yang akan diterima dalam program ini.

YouTube juga terus memeriksa saluran dalam program tersebut untuk melihat apakah saluran tersebut terus memenuhi kebijakan dan pedoman YouTube. Kebijakan dan pedoman ini sangat komprehensif, mengingat semua kesulitan yang dialami YouTube dalam menemukan keseimbangan yang tepat antara pembuat, pemirsa, dan pengiklan. Saya sangat menyarankan agar Anda memahami kebijakan dan pedoman ini jika Anda ingin memonetisasi konten Anda di masa mendatang.

Namun, jika Anda berada dalam mood TLDR, untuk meringkas, terapkan akal sehat. Jika menurut Anda video mungkin tidak pantas, kemungkinan besar itu adalah, dan Anda membuat konten seperti itu dengan risiko Anda sendiri.

# 3 Hak Cipta dan Kebijakan Monetisasi di YouTube

Di antara kebijakan dan pedoman YouTube adalah topik besar tentang materi berhak cipta. Intinya, jika Anda menggunakan karya orang lain, Anda dapat menggunakan materi berhak cipta tanpa izin mereka, dan YouTube tidak ingin Anda melakukannya. Ini hampir pasti membuat Anda didemonetisasi atau mencegah Anda memasuki Program Mitra YouTube. Mari kita lihat ini lebih detail.

Bagi sebagian besar dari Anda, ini adalah kebijakan monetisasi yang paling penting. Anda harus memastikan bahwa Anda memberikan nilai tambah pada konten pihak ketiga yang Anda monetisasi, dan bahwa konten Anda memiliki komentar orisinal, nilai pendidikan, atau pernyataan editorial yang signifikan. Dan mari kita perjelas, itu mungkin masih belum cukup. Ini tidak memberi Anda izin untuk menggunakan konten orang lain dalam video Anda sepanjang waktu, karena jika Anda melakukannya, YouTube dapat menggunakan ini sebagai argumen untuk tidak memonetisasi konten Anda.

YouTube mengonfirmasi bahwa jika semua atau sebagian besar saluran Anda didedikasikan untuk konten yang digunakan kembali, dan Anda tidak mengubah karya asli dengan menambahkan nilai unik Anda sendiri, maka saluran Anda tidak memenuhi syarat untuk Program Mitra YouTube. Semangat kebijakan ini adalah untuk memastikan bahwa YouTube memberikan insentif pada konten unik dan asli ke dalam Program Mitra YouTube, dan bahwa YouTube melindungi dan memberi penghargaan kepada pembuat konten yang bekerja keras pada konten asli.

Sekarang, beberapa orang mungkin melihat semangat kebijakan YouTube sebagai alasan untuk mendemonetisasi saluran yang tidak mereka inginkan dalam program monetisasi, tetapi mari kita lihat dari sudut pandang ini. Anda menghabiskan waktu berhari-hari, berjam-jam membuat konten yang luar biasa, dan itu menjadi viral di YouTube.

Dan kemudian banyak pembuat video acak mencuri konten itu, mengunggahnya, menghasilkan ratusan ribu penayangan, dan akhirnya mendapat untung besar darinya. Bagaimana perasaan Anda jika itu terjadi? Itulah yang coba dilindungi YouTube – konten asli dari pembuat video.

Konten duplikat, dan konten berhak cipta adalah area abu-abu yang luas di YouTube, dan tidak selalu bisa dilakukan dengan benar. Dan Anda mungkin melihat beberapa saluran di YouTube dan melihat bahwa mereka jelas-jelas memamerkan aturan ini. Nah, Anda tidak tahu bagaimana keadaan individu mereka, mereka mungkin memiliki izin untuk menggunakan konten itu, atau mereka mungkin tertangkap di masa mendatang, dan Anda tidak ingin mengikuti contoh saluran yang melakukan hal ini. Ini bukan jalan menuju sukses.

# 4 Menautkan Akun Google Adsense dengan Saluran YouTube

Jika Anda ingin menghasilkan uang dari video Anda, YouTube memerlukan cara untuk membayar Anda, dan setidaknya untuk memulainya, ini akan dilakukan melalui akun AdSense. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang ini, jika Anda sudah memiliki akun AdSense, Anda dapat menggunakannya. Anda dapat menghubungkan beberapa saluran ke satu akun AdSense, dan jika Anda belum memiliki akun AdSense, Anda dapat menyiapkannya selama proses permohonan Program Mitra YouTube.

# 5 Mendaftar ke Program Mitra YouTube

Mari kita ingatkan diri kita sendiri tentang persyaratan itu sekali lagi: Anda membutuhkan:

  • pelanggan di saluran YouTube Anda
  • 000 jam Waktu Tonton di video Anda selama 12 bulan terakhir
  • Untuk mematuhi semua kebijakan dan pedoman YouTube

Siapkan akun AdSense

Jika Anda telah menerapkan Program Mitra YouTube, mungkin diperlukan waktu hingga satu bulan bagi platform untuk membuat keputusan. Itu karena manusia sebenarnya akan meninjau saluran Anda, jadi ini adalah proses manual. Beberapa saluran telah disetujui dalam beberapa hari, jadi bisa lebih cepat.

Namun, jika memang membutuhkan waktu lebih dari sebulan, maka saluran Anda biasanya akan ditinjau lebih lanjut. Jika ini terjadi, sayangnya, waktu tunggu bisa sangat lama. Tiga, enam, bahkan mungkin 12 bulan. Dalam beberapa kasus yang tidak menguntungkan, YouTube sepertinya tidak pernah mengambil keputusan, meninggalkan pembuatnya dalam ketidakpastian monetisasi.

YouTube mengatakan bahwa ini tidak akan pernah mempercepat prosesnya, tetapi setidaknya memiliki beberapa keputusan adalah sesuatu yang pantas Anda dapatkan sebagai pembuat video.

Cara Daftar AdSense YouTube

Anda memerlukan akun YouTube untuk mendaftarkan AdSense. Anda bisa membuat akun YouTube menggunakan akun Gmail. Saat Anda sudah berhasil login ke YouTube. Hal pertama untuk mendaftar YouTube AdSense adalah masuk ke menu pengaturan. Caranya dengan klik “Icon Profile » Setting”. Menu tersebut akan mengarahkan Anda ke halaman pengaturan.

Di halaman ini, klik kembali “Icon Profile » Creator Studio” untuk masuk ke dalam dashboard studio milik Anda sendiri.

YouTube Creator Studio merupakan dashboard yang dikembangkan Google untuk Content Creator video di YouTube. Dashboard ini berisi kumpulan pengaturan yang memudahkan pengelolaan video dan akun mereka.

Melalui dashboard ini, Anda bisa langsung mengajukan akun YouTube AdSense meskipun belum mempunyai video yang diunggah. Pada bagian channel, silakan klik “Others Features » Monetization”.

Setelah membuka menu tersebut, Anda akan di bawah ke halaman YouTube Partner Program. Halaman ini berisi tahapan yang perlu Anda lakukan untuk mendaftar YouTube AdSense. Cara daftar AdSense YouTube sendiri terdiri dari empat tahap.

  • Persetujuan YouTube Partner Program,
  • Menghubungkan akun YouTube dengan AdSense,
  • Mengatur Pilihan Monetisasi,
  • Review setelah mendapatkan 4000 jam tayang dan 1000 subscriber.

Mengenal Google Adsense YouTube, Cara Daftar dan Persyaratannya

Posting ini adalah tentang bagaimana Anda dapat memonetisasi konten Anda di YouTube untuk mulai menghasilkan revenue. Empat aturan baku untuk menghasilkan uang di YouTube adalah:

  • Anda harus memiliki 1.000 pelanggan di saluran YouTube Anda
  • Video Anda telah menghasilkan 4.000 jam Waktu Tonton selama 12 bulan terakhir
  • Anda mematuhi semua kebijakan dan pedoman YouTube
  • Anda telah menyiapkan akun AdSense

# 1 Persyaratan Program Mitra YouTube

Umumnya dikenal sebagai Program Mitra YouTube, atau singkatnya YPP, Anda harus memenuhi keempat persyaratan sebelum saluran Anda diterima.

Mari kita mulai dengan 1.000 pelanggan. Yang satu ini cukup mudah, tidak peduli berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mendapatkan 1.000 pelanggan, setelah Anda mencapai tonggak itu, Anda telah mencapai persyaratan itu.

Selain 1.000 pelanggan, Anda juga memerlukan 4.000 jam Waktu Tonton di video Anda selama 12 bulan terakhir. Ada beberapa kebingungan dengan yang satu ini, jadi izinkan saya mencoba menjelaskannya. Pertama-tama, ini bukan tentang berapa banyak konten video yang Anda, pembuat konten YouTube tonton.

Hal ini semua terkait tentang seberapa banyak konten video ditonton di saluran Anda dari orang-orang di seluruh dunia. Itu adalah durasi video yang telah ditonton orang di saluran Anda dalam 12 bulan terakhir (dari tanggal tertentu). Anda bisa saja memiliki 4.000 jam Waktu Tonton sepanjang masa saluran Anda, tetapi hanya 12 bulan terakhir yang dihitung untuk persyaratan Program Mitra YouTube.

Beberapa hal lain yang perlu Anda beri tahu tentang Waktu Menonton. Streaming langsung memang diperhitungkan dalam total itu. Video tidak publik juga diperhitungkan dalam total itu. Tetapi jika Anda menghapus video apa pun, Waktu Tonton tersebut akan dihapus dari jam Waktu Tonton saluran Anda.

Dan satu hal lagi, jika Anda sudah tergabung dalam Program Mitra YouTube, dan jika saluran Anda kurang dari 4.000 jam Waktu Tonton, YouTube tidak akan secara otomatis menghapus Anda dari program mitra, tetapi mereka dapat melakukannya atas kebijaksanaan mereka sendiri. Jika Anda menginginkan video yang lebih mendetail tentang topik 4.000 jam secara khusus, tonton video ini:

Siap mengembangkan saluran YouTube Anda?

Daftar gratis

Jika ingin memeriksa kemajuan persyaratan di atas, Anda dapat melakukannya dengan mengklik logo Anda di pojok kanan atas sebagian besar halaman YouTube, lalu mengklik YouTube Studio Beta. Anda dapat melihat semua analisis Anda di sini, tetapi untuk memeriksa kemajuan monetisasi dengan cepat, arahkan mouse Anda ke “Fitur lain”, lalu klik “Status dan Fitur”.

Pada layar ini, Anda akan melihat kotak monetisasi, dan jika Anda mengklik “Pelajari lebih lanjut”, ini akan memberi tahu Anda dengan tepat posisi Anda saat ini dengan pelanggan dan jam Waktu Tonton.

Tetapi jika semua itu terdengar seperti terlalu banyak kerja keras, maka kami memiliki alat gratis yang akan melakukan semua ini lebih cepat dan lebih efisien. Jika Anda mengunduh dan menginstal perangkat lunak vidIQ di hampir semua layar YouTube, Anda akan melihat kumpulan statistik waktu nyata tentang saluran Anda.

Ini akan menunjukkan kepada Anda penayangan saluran Anda per jam, penayangan selama 48 jam terakhir, dan jumlah pelanggan Anda. Namun hal yang sangat keren adalah aplikasi ini akan melacak kemajuan Anda hingga 4.000 jam Waktu Tonton juga! Setelah Anda mencapai 4.000 jam, angka itu akan berubah menjadi hijau untuk menunjukkan bahwa Anda telah mencapai persyaratan monetisasi.

# 2 Mengikuti Aturan YouTube untuk Monetisasi

Berikutnya dalam daftar adalah buku peraturan. Jika Anda ingin memonetisasi konten Anda, Anda harus memastikan bahwa Anda mematuhinya, seperti yang dinyatakan YouTube:

Saat Anda mendaftar untuk Program Mitra YouTube, Anda akan melalui proses peninjauan standar untuk melihat apakah saluran Anda memenuhi kebijakan dan pedoman YouTube. Hanya saluran yang sesuai dengan mereka yang akan diterima dalam program ini.

YouTube juga terus memeriksa saluran dalam program tersebut untuk melihat apakah saluran tersebut terus memenuhi kebijakan dan pedoman YouTube. Kebijakan dan pedoman ini sangat komprehensif, mengingat semua kesulitan yang dialami YouTube dalam menemukan keseimbangan yang tepat antara pembuat, pemirsa, dan pengiklan. Saya sangat menyarankan agar Anda memahami kebijakan dan pedoman ini jika Anda ingin memonetisasi konten Anda di masa mendatang.

Namun, jika Anda berada dalam mood TLDR, untuk meringkas, terapkan akal sehat. Jika menurut Anda video mungkin tidak pantas, kemungkinan besar itu adalah, dan Anda membuat konten seperti itu dengan risiko Anda sendiri.

# 3 Hak Cipta dan Kebijakan Monetisasi di YouTube

Di antara kebijakan dan pedoman YouTube adalah topik besar tentang materi berhak cipta. Intinya, jika Anda menggunakan karya orang lain, Anda dapat menggunakan materi berhak cipta tanpa izin mereka, dan YouTube tidak ingin Anda melakukannya. Ini hampir pasti membuat Anda didemonetisasi atau mencegah Anda memasuki Program Mitra YouTube. Mari kita lihat ini lebih detail.

Bagi sebagian besar dari Anda, ini adalah kebijakan monetisasi yang paling penting. Anda harus memastikan bahwa Anda memberikan nilai tambah pada konten pihak ketiga yang Anda monetisasi, dan bahwa konten Anda memiliki komentar orisinal, nilai pendidikan, atau pernyataan editorial yang signifikan. Dan mari kita perjelas, itu mungkin masih belum cukup. Ini tidak memberi Anda izin untuk menggunakan konten orang lain dalam video Anda sepanjang waktu, karena jika Anda melakukannya, YouTube dapat menggunakan ini sebagai argumen untuk tidak memonetisasi konten Anda.

YouTube mengonfirmasi bahwa jika semua atau sebagian besar saluran Anda didedikasikan untuk konten yang digunakan kembali, dan Anda tidak mengubah karya asli dengan menambahkan nilai unik Anda sendiri, maka saluran Anda tidak memenuhi syarat untuk Program Mitra YouTube. Semangat kebijakan ini adalah untuk memastikan bahwa YouTube memberikan insentif pada konten unik dan asli ke dalam Program Mitra YouTube, dan bahwa YouTube melindungi dan memberi penghargaan kepada pembuat konten yang bekerja keras pada konten asli.

Sekarang, beberapa orang mungkin melihat semangat kebijakan YouTube sebagai alasan untuk mendemonetisasi saluran yang tidak mereka inginkan dalam program monetisasi, tetapi mari kita lihat dari sudut pandang ini. Anda menghabiskan waktu berhari-hari, berjam-jam membuat konten yang luar biasa, dan itu menjadi viral di YouTube.

Dan kemudian banyak pembuat video acak mencuri konten itu, mengunggahnya, menghasilkan ratusan ribu penayangan, dan akhirnya mendapat untung besar darinya. Bagaimana perasaan Anda jika itu terjadi? Itulah yang coba dilindungi YouTube – konten asli dari pembuat video.

Konten duplikat, dan konten berhak cipta adalah area abu-abu yang luas di YouTube, dan tidak selalu bisa dilakukan dengan benar. Dan Anda mungkin melihat beberapa saluran di YouTube dan melihat bahwa mereka jelas-jelas memamerkan aturan ini. Nah, Anda tidak tahu bagaimana keadaan individu mereka, mereka mungkin memiliki izin untuk menggunakan konten itu, atau mereka mungkin tertangkap di masa mendatang, dan Anda tidak ingin mengikuti contoh saluran yang melakukan hal ini. Ini bukan jalan menuju sukses.

# 4 Menautkan Akun Google Adsense dengan Saluran YouTube

Jika Anda ingin menghasilkan uang dari video Anda, YouTube memerlukan cara untuk membayar Anda, dan setidaknya untuk memulainya, ini akan dilakukan melalui akun AdSense. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang ini, jika Anda sudah memiliki akun AdSense, Anda dapat menggunakannya. Anda dapat menghubungkan beberapa saluran ke satu akun AdSense, dan jika Anda belum memiliki akun AdSense, Anda dapat menyiapkannya selama proses permohonan Program Mitra YouTube.

# 5 Mendaftar ke Program Mitra YouTube

Mari kita ingatkan diri kita sendiri tentang persyaratan itu sekali lagi: Anda membutuhkan:

  • pelanggan di saluran YouTube Anda
  • 000 jam Waktu Tonton di video Anda selama 12 bulan terakhir
  • Untuk mematuhi semua kebijakan dan pedoman YouTube

Siapkan akun AdSense

Jika Anda telah menerapkan Program Mitra YouTube, mungkin diperlukan waktu hingga satu bulan bagi platform untuk membuat keputusan. Itu karena manusia sebenarnya akan meninjau saluran Anda, jadi ini adalah proses manual. Beberapa saluran telah disetujui dalam beberapa hari, jadi bisa lebih cepat.

Namun, jika memang membutuhkan waktu lebih dari sebulan, maka saluran Anda biasanya akan ditinjau lebih lanjut. Jika ini terjadi, sayangnya, waktu tunggu bisa sangat lama. Tiga, enam, bahkan mungkin 12 bulan. Dalam beberapa kasus yang tidak menguntungkan, YouTube sepertinya tidak pernah mengambil keputusan, meninggalkan pembuatnya dalam ketidakpastian monetisasi.

YouTube mengatakan bahwa ini tidak akan pernah mempercepat prosesnya, tetapi setidaknya memiliki beberapa keputusan adalah sesuatu yang pantas Anda dapatkan sebagai pembuat video.

Cara Daftar AdSense YouTube

Anda memerlukan akun YouTube untuk mendaftarkan AdSense. Anda bisa membuat akun YouTube menggunakan akun Gmail. Saat Anda sudah berhasil login ke YouTube. Hal pertama untuk mendaftar YouTube AdSense adalah masuk ke menu pengaturan. Caranya dengan klik “Icon Profile » Setting”. Menu tersebut akan mengarahkan Anda ke halaman pengaturan.

Di halaman ini, klik kembali “Icon Profile » Creator Studio” untuk masuk ke dalam dashboard studio milik Anda sendiri.

YouTube Creator Studio merupakan dashboard yang dikembangkan Google untuk Content Creator video di YouTube. Dashboard ini berisi kumpulan pengaturan yang memudahkan pengelolaan video dan akun mereka.

Melalui dashboard ini, Anda bisa langsung mengajukan akun YouTube AdSense meskipun belum mempunyai video yang diunggah. Pada bagian channel, silakan klik “Others Features » Monetization”.

Setelah membuka menu tersebut, Anda akan di bawah ke halaman YouTube Partner Program. Halaman ini berisi tahapan yang perlu Anda lakukan untuk mendaftar YouTube AdSense. Cara daftar AdSense YouTube sendiri terdiri dari empat tahap.

  • Persetujuan YouTube Partner Program,
  • Menghubungkan akun YouTube dengan AdSense,
  • Mengatur Pilihan Monetisasi,
  • Review setelah mendapatkan 4000 jam tayang dan 1000 subscriber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *