etika rapat

Setiap pekerja profesional perlu memerhatikan etika ketika sedang berada dalam sebuah meeting.

Ya, setiap pertemuan bisnis di kantor memiliki aturan tak tertulis yang perlu ditaati oleh para pekerja.

Kepatuhan pada etika saat rapat bisnis dapat membangun rasa hormat di antara peserta, serta membantu rapat untuk dimulai dan diakhiri tepat waktu.

Memahami etika pertemuan juga dapat menumbuhkan suasana kerja yang lebih kondusif dan konstruktif untuk pertukaran ide dan opini.

5 Etika Meeting di Kantor yang Perlu Diperhatikan

Mungkin, kamu yang baru saja lulus dari kuliah belum mengetahui seluk beluk dan fungsi dari etika meeting.

Namun, kurangnya etiket saat pertemuan dan perencanaannya yang buruk adalah dua alasan utama mengapa banyak pertemuan bisnis gagal.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang bagaimana cara mempertahankan citra positif dan profesional saat meeting, pelajari 5 etika ini yang perlu diterapkan pada tiap rapat bisnis di kantor. Yuk, disimak!

1. Hadir tepat waktu

Etika meeting pertama yang perlu tiap pekerja perhatikan adalah untuk selalu datang tepat waktu.

Bahkan, jika sempat, hadirlah 15 menit sebelum rapat dimulai. 

Ketepatan waktu adalah tanda bahwa kamu memiliki sikap yang profesional.

Selain itu, rapat yang diadakan tepat waktu dapat memberikan masing-masing peserta untuk memberikan perspektif mereka terhadap topik yang sedang dibahas.

Intinya, ketepatan waktu adalah tanda hormat yang perlu ditunjukkan oleh semua pihak yang terlibat dalam meeting.

2. Ikuti agenda

© Pexels.com

Tiap meeting pasti memiliki agenda yang perlu dibahas oleh para peserta. Nah, diskusi dalam rapat sebaiknya selalu mengikuti agenda yang telah dibentuk.

Pimpinan rapat harus mengedarkan agenda kepada masing-masing peserta setidaknya satu minggu sebelum rapat diadakan. 

Peserta juga berhak untuk menghubungi pimpinan setidaknya 48 jam sebelum meeting bila ia memiliki pendapat tentang agenda yang telah dirancang. 

Ketua dan peserta terkait akan memiliki waktu untuk menentukan apakah perubahan perlu dilakukan.

3. Sesuaikan posisi kursi

© Freepik.com

Posisi kursi yang benar juga menjadi sebuah etika dalam meeting

Kamu perlu menyesuaikan kursi sehingga sehingga posisi tubuh kita duduk berada pada ketinggian yang sama dengan peserta  lain di meja.

Hal ini ditujukkan sebagai rasa hormat dan keseteraan di antara para peserta rapat.

4. Patuhi kode berpakaian

© Pexels.com

Hal lain yang perlu diperhatikan saat meeting adalah kode berpakaian yang telah ditetapkan oleh kantormu.

Biasanya pakaian yang sesuai untuk sebuah pertemuan itu bisa berbeda-beda.

Maka, sebaiknya kamu tanyakan pada pimpinan rapat apakah jenis meeting yang akan dilaksanakan merupakan casual business atau formal business.

Misalnya, saat pimpinan menentukan bahwa format rapat yang diadakan merupakan formal business, kamu dapat mengenakan kemeja berkancing dan celana bahan dengan warna yang sepadan.

5. Bicaralah secara bergantian

© Freepik.com

Etika selanjutnya yang perlu diperhatikan saat meeting di kantor adalah untuk berbicara secara bergantian.

Tentunya, semua peserta memiliki opini yang ingin mereka utarakan. Namun, akan lebih baik dan kondusif bila masing-masing peserta berbicara dengan teratur dan bergantian.

Lalu, ajukanlah pertanyaan selama sesi tanya-jawab yang telah ditentukan, dan angkat tangan kamu agar bila memang dirasa perlu ada interupsi. 

Jangan menyela peserta lain saat mereka sedang berbicara bila memang pendapatmu tidak begitu penting.

Itulah beberapa etika yang perlu kamu perhatikan ketika berada dalam sebuah rapat bisnis di kantor.

Intinya, etika-etika yang diterapkan bertujuan untuk membuat meeting efektif dan suasana pertemuan menjadi lebih kondusif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *