Contoh Fit Proper Test

    1. Sebutkan jenis – jenis laporan yang Saudara ketahui?

    Laporan BPR ke OJK dibagi menjadi

    • laporan harian contohnya laporan likuiditas,
    • laporan mingguan misalnya Obox dan laporan nasabah terdampak covid 19. Contoh obox laporan 10 debitur terbesar.
    • laporan bulanan masuk dalam laporan Apollo yang terdiri dari laporan data pokok, laporan posisi keuangan, laporan perincian atas laporan posisi keuangan, laba rugi, laporan rasio keuangan triwulanan, laporan pelanggaran dan pelampauan bmpk.
    • Laporan triwulan meliputi laporan keluhan pelanggan dan laporan publikasi meliputi laporan posisi keuangan, laba-rugi, KAP, komitmen, informasi lain)
    1. Apa yang disebut dengan Prinsip kehati – hatian, dan sebutkan jenis Peraturannya? Prinsip kehatihatian (prudential banking principle) adalah kehatihatian bank untuk meminimalkan risiko usaha operasional bank dengan berpedoman kepada ketentuan bank sentral dan ketentuan intern bank. Prinsip kehatihatian adalah suatu asas atau prinsip yang menyatakan bahwa bank dalam menjalankan fungsi dan kegiatan usahanya wajib bersikap hati-hati dalam rangka melindungi dana masyarakat yang dipercayakan padanya.

    Peraturan terkait prinsip kehati-hatian meliputi POJK Manajemen resiko, tata kelola, BMPK, TKS Bank, KAP, KPMM.

    1. Apa yang dimaksud dengan Kerahasiaan Bank, dan siapa saja yang harus merahasiakan, serta apa yang harus dirahasiakan? Rahasia Bank adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpanannya. Bank dan pihak terafiliasi harus menjaga kerahasiaan bank.
    2. Apa yang dimaksud dengan Pihak-pihak terafiliasi? Pihak terafiliasi meliputi anggota dewan komisaris, dewan direksi dan kuasanya, pejabat dan pegawai bank. Pihak yang memberikan jasa atau konsultasi ke bank, pihak yang melakukan audit bank, pihak yang menurut penilaian BI memiliki peran siginifikan dalam pengelolaan bank seperti pemegang saham dan keluarganya.
    3. Faktor apa saja dalam penentuan TKS Bank? TKS
    4. Bagaimana akibat dari KAP yang tinggi, pengaruhnya ke faktor apa saja?
    5. Bagaimana cara pemberian kredit yang sehat ?
    6. Bagaimana cara Penyehatan KAP? Kredit yang sehat meliputi 4 aspek, pertama inisiasi kredit harus memperhatikan prinsip 5 C, kemudian proses akuisisi atau booking kredit harus memperhatikan dan menerapkan manjemen resiko yang benar, selanjutnya pengelolaan nasabah (account maintenance) yang senantiasa menjaga hubungan dan memonitor kondisi debitur secara periodik, setidaknya tiap bulan monitor, paling lama 3 bulan sekali kunjungan dan selanjutnya jika terjadi kredit bermasalah lakukan penyelesaian sesuai kategori atau tingkat masalah yang muncul dan solusi yang diberikan apakah restrukturisasi, novasi atau eksekusi jaminan melalui lelang atau non lelang. Untuk memperbaiki neraca bank bisa juga melakukan hapus buku. Manfaatnya adalah enurunkan NPL, bank bisa fokus ekspansi usaha tanpa terbebani NPL. Dampak NPL adalah munculnya biaya hapus buku yang tercatat pada akun penyisihan penghapusan aktiva poduktif.
    7. Apa yang dimaksud dengan BMPK dan bagaimana dengan ketentuannya?
    8. Bagaimana jurnal dari penerimaan Tabungan, Deposito, Kredit yg dihapus dapat tertagih?
    9. Bagaimana cara Saudara mengawasi kegiatan usaha anak buah Saudara?

     

Leave a Reply

Your email address will not be published.