Aplikasi dan Konsep Digital Marketing

Alasan Psikologi Mengapa Customer Beli Produk Anda

Kunci sukses dalam bisnis, khususnya bisnis online adalah memahami perilaku konsumen. Perilaku ini mengacu pada pemilihan produk, tingkat urgensi konsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan mereka dan bagaimana cara mendapatkannya. Ada berbagai proses yang terlibat dalam perilaku konsumen.

Awalnya, konsumen mencoba menemukan produk apa yang ingin mereka konsumsi, kemudian memilih hanya produk yang menjanjikan utilitas lebih besar. Setelah memilih produk, konsumen membuat perkiraan dana yang tersedia untuk membeli produk tersebut. Akhirnya, konsumen menyesuaikan produk dan kemampuan bayar untuk membuat keputusan tentang produk mana yang akan dikonsumsi.

Pada proses ini ada beberapa faktor yang mempengaruhi pembelian konsumen, yaitu faktor sosial, budaya, pribadi dan psikologis. Penjelasan dari faktor-faktor ini adalah sebagai berikut. Dari sekian banyak faktor tersebut, faktor psikologislah yang paling dominan.

FAKTOR PSIKOLOGIS MENGAPA KONSUMEN MEMBELI PRODUK ANDA

Ada empat faktor psikologis utama yang mempengaruhi perilaku pembelian konsumen. Faktor ini meliputi: persepsi, motivasi, pembelajaran, keyakinan dan sikap.

Faktor Motivasi

Tingkat motivasi untuk membeli produk sangat mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan. Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda, seperti kebutuhan fisiologis, kebutuhan biologis, kebutuhan sosial, dan sebagainya. Hal ini akan membagi produk menjadi dua kategori, beberapa produk lebih mendesak, sementara yang lain kurang mendesak. Oleh karena itu, faktor motivasi untuk memenuhi kebutuhan menjadi motif ketika ada kebutuhan yang paling mendesak yang harus dipenuhi dibandingkan lainnya.

Faktor Persepsi

Memilih, mengatur, dan menafsirkan informasi berdasarkan pengalaman dan juga nformasi yang didapatkan disebut persepsi. Ada tiga proses persepsi yang berbeda berdasarkan tingkatannya mulai dari perhatian selektif, distorsi selektif dan retensi selektif. Dalam hal perhatian selektif, penjual mencoba menarik perhatian pelanggan. Sedangkan dalam kasus distorsi selektif, pelanggan mencoba untuk menafsirkan informasi dengan cara membandingkan dengan produk yang pelanggan sudah percaya. Demikian pula, dalam kasus retensi selektif, penjual/pemasar mencoba mempertahankan informasi/iklan penjualan yang mendukung keyakinan pembeli untuk membeli produk yang ditawarkan.

Keyakinan dan Sikap

Jika ditelisik lebih jauh, setiap klien memiliki keyakinan dan sikap khusus terhadap produk yang berbeda. Karena keyakinan dan sikap semacam itu membentuk citra merek dan mempengaruhi perilaku pembelian konsumen sehingga penjual tertarik pada mereka. Penjual dapat mengubah keyakinan dan sikap pelanggan dengan iklan khusus dalam hal ini.

Pada dasarnya, faktor psikologis ini senantiasa fluktuatif dalam mempengaruhi seseorang membeli produk Anda. Kemampuan penjual/pemasar dalam memahami faktor ini dan memainkan strategi pemasaran online yang tepat sangat mempengaruhi kesuksesan menggaet pelanggan setia dari sisi psikologisnya.

Mau Endorse Selebgram? Ini Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

KW: Selebgram

Awal mula instagram lahir bertujuan sebagai media sosial berbagi foto. Namun dlaam perkembangannya, ternyata situs pertemanan dengan media utama gambar ini telah melahirkan banyak follower/pengikut hingga ribuan bahkan jutaan yang berdampak pada munculnya selebritis baru di dunia instagram. Istilah kerennya adalah selebgram alias selebritis instagram.

Pengikut yang besar telah membuka ceruk bisnis baru yang menjadikan selebgram ini figur tokoh yang direkrut untuk memasarkan produk dalam bentuk terstimoni atau rekomendasi di akun mereka. Bahasa bisnisnya adalah endorse selebgram. Tarifnyapun lumayan, ada yang mencapai jutaan untuk sekali endorse dengan jumlah follower yag jutaan juga tentunya.

Bagi Anda yang tertarik dengan pemasaran model endorse selebgram tersebut, Ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Pastikan Selebgram yang di minta endorse punya banyak Followers

Followers yang banyak tidak harus seorang selebriti terkenal, tetapi bisa saja seorang pengguna Instagram yang cukup populer akibat banyak postingannya yang disukai orang Dalam dunia bisnis online semakin banyak followers dari pemilik akun yang mengendorse produk kita maka akan semakin banyak pula yang melihat produknya. Idealny followernya harus ratusan ribu hingga jutaan. Jangan tergoda tarif endorse murah, followers adalah yang utama.

Selebgram yang direkrut harus bisa jadi ikon produk atau setidaknya sesuai dengan barang yang dijual

Biar efektif, selebgram yang akan di-endorse harus memiliki kriteria yang sesuai dengan produk yang dijualnya. Jika tidak, endorsement Anda tidak akan mengena di benak pelanggan. Misalny produk makanan anak-anak jangan sampai mencari endorse dari pemilik followers ibu-ibu yang suka arisan atau make up.

Pastikan Tampilan Foto Berkualitas Tinggi (High Resolution)

Ingat, istagram adalah media berbagi foto. Jadi pastikan foto Anda berkualitas tinggi. Produk fashion paling cocok dengan model pemasaran endorse selebgram ini, mengingat pemilik followers banyak dalam bidang fashion biasanya akan dijadikan trend setter bagi banyak followernya. Apapun yang di endorse biasanya akan menarik mina pengikutnya.

Tips terakhir dalam menggunakan jasa endorse selebgram adalah sebaiknya cari pemilik akun yang memiliki prosedur endorse simple dan tidak rumit. Makin populer selebgram dan makin besar followers, biasanya akan membuat proses endorse selebgram menjadi makin rumit. Apalagi jika sudah punya manajemen endorsement sebagai pihak ke-3 dan prosesnya lebih rumit salah satunya adalah antrian posting yang lama, jadi perlu waktu lebih lama untuk dipromosikan barangnya. Sebaiknya hindari endorse selebgram yang seperti ini.

Tips Menggunakan Facebook Marketing

Kw:Facebook marketing

Facebook yang awalnya adalah media sosial buat pertemanan, kini memiliki fungsi lain yang tak kalah pentingnya yaitu sebagai media pemasaran yang mudah, gratis dan memiliki jaringan terbesar di dunia. Untuk memasarkan bisnis Anda dengan sukses di Facebook, Anda perlu memahami peluang sukses dalam pemasaran dengan Facebook marketing ini, dan bagaimana media pemasaran ini berbeda dari media lain.

Bagi Anda yang masih awam, tak ada salahnya untuk melihat tips menggunakan facebook marketing berikut ini:

Jangan gunakan Facebook untuk jualan membabi buta (hard selling)

Orang-orang menganggap Facebook sebagai ruang sosial yang menyenangkan tempat mereka mengobrol dengan teman, melihat foto dan video, dan bersantai. Andapun tentu juga telah bergabung dalam media tersebut dan menjadi bagian dari komunitas. Apa jadinya jika ada ‘orang luar’ yang mencoba menjual secara agresif dan membabi buta dengan psotingan jualan setiap harinya dalam jumlah banyak layaknya sebuah spam? Cara ini jutru akan membuat mereka “unfriend” dan memberi komentar negatif tentang bisnis Anda.

Buat dan promosikan halaman Facebook Anda (fans page)

Jika Anda memiliki halaman Facebook, promosikan fanspage Anda ke seluruh jaringan pertemanan dan bisnis Anda sehingga media sosial Anda bisa bekerja bersama-sama dengan metode pemasaran yang lain. Berikan alamat Facebook Anda di kop surat Anda, kartu nama dan situs web, di toko, di iklan, dan di tanda tangan email Anda.

Posting secara teratur

Tidak seperti media tradisional (seperti majalah atau televisi), atau media online lainnya (seperti halaman web), media sosial dibangun dengan konsep mengakomodir adanya sering pembaruan. Penelitian Australia baru-baru ini menunjukkan bahwa pengguna Facebook memeriksa halaman mereka lebih dari 25 kali per minggu, dan jik auntuk tujuan bisnis, pelanggan perlu melihat bahwa Anda secara teratur memposting produk baru Anda. Beberapa panduan merekomendasikan untuk mem-posting setidaknya satu kali sehari, tetapi prinsip-prinsip intinya adalah memposting ketika Anda memiliki konten yang menarik, dan untuk menilai seberapa sering audiens Anda merespon produk dari Anda.

Hal terpenitng lain dari facebook marketing adalah menggunakan gambar dan video. Gambar dan video adalah elemen utama dari branding Facebook. Gunakan gambar dan video ini untuk menjaga teman-teman Anda tetap “keep in touch” dan merasa terhibur. Sebagai contoh: pengecer pakaian bisa memposting foto-foto stok baru saat tiba, seorang arsitek atau pembangun dapat memposting gambar rumah sehari-hari yang sedang direnovasi, seorang pelatih pribadi di pusat kebugaran dapat memposting video instruksional tentang bagaimana melakukan latihan tertentu.

Dengan cara seperti itu diharapkan facebook marketing Anda akan semakin mengena di benak pelanggan Anda.

Cara Melakukan Riset Pasar

KW: Riset Pasar

Riset pasar merupakan bagian penting dalam strategi bisnis. Coba Anda pertimbangkan statistik terbaru tentang pembeli B2B (business to business/pembelian langsung) dari studi 2015 oleh Think With Google berikut ini:

  • 89% pembeli menggunakan internet selama proses penelitian B2B.
  • 71% mulai dengan kueri penelusuran umum (mereka mencari topik, bukan merek Anda).
  • 57% evaluasi mereka dilakukan sebelum mereka melakukan pembelian di situs Anda.

Apa yang harus dilakukan pemilik bisnis untuk memastikan pembeli Anda menemukan Anda lebih awal dan memutuskan untuk membeli produk Anda? Strategi yang Anda buat harus berdasar riset pasar yang tepat. Berikut ini caranya:

Identifikasi peluang untuk setiap grup atau komunitas bisnis online

Verifikasi dan pahami kebutuhan yang tidak terpenuhi dari kelompok/komunitas bisnis online tertentu. Apa yang mereka butuhkan dan belum terpenuhi? Beberapa metode pengumpulan data bisa dicoba misalnya mewawancarai pelanggan dan investor, membuat kuisioner, servei online, membaca media online dan mendengarkan apa yang dikatakan anggota komunitas bisnis klien dan mengamati apa yang mereka lakukan. Kemudian, Anda dapat mengembangkan versi awal produk Anda yang Anda uji coba, atau menguji pasar, untuk memverifikasi apakah produk Anda diprediksi akan laku dijual atau tidak.

Periksa seberapa besar potensi pasar (market size) dan seberapa banyak orang yang memiliki kebutuhan yang belum terpenuhi.

Identifikasi berbagai subkelompok, atau segmen pasar dari komunitas bisnis onlie yang Anda ikuti tentang masing-masing fitur dan preferensi unik mereka. Metode pengumpulan data yang berguna mungkin, misalnya, membaca tentang kecenderungan demografi dan juga kebiasaan mereka, misalnya saja Anda dapat mengamati apa yang mereka lakukan, ke mana mereka pergi dan apa yang mereka diskusikan.

Tentukan metode terbaik untuk memenuhi kebutuhan target pasar yang belum terpenuhi.

Metode yang bisa digunakan misalnya saja bertanya tentang preferensi mereka, kebutuhan yang tidak terpenuhi dan bagaimana kebutuhan tersebut dapat dipenuhi. Pada saat yang sama, tanyakan kepada mereka apa yang mereka perlukan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Selidiki persaingan

Dalam dunia bisnis online, Anda bisa dengan mudah cek produk, layanan, teknik pemasaran, harga, lokasi, dan sebagainya untuk melihat tingkat persaingan. Salah satu cara terbaik untuk memahami pesaing Anda adalah dengan menggunakan layanan mereka. Kunjungi lokasi bisnis mereka, lihat sekeliling dan lihat beberapa fitur mereka.

Berbagai metode riset pasar diatas bisa dilakukan secara langsung atau melalui online. Survei melalui email, pembagian kuisioner atau Survei Telepon bisa jadi media perantara yang mudah untuk dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.