Apakah madu lebih baik untuk Anda daripada gula?

Madu dan gula adalah dua pemanis yang paling umum digunakan. Madu sering dianggap sebagai pilihan yang lebih menyehatkan, tetapi benarkah demikian?

Baik madu dan gula menambah rasa manis pada makanan dan camilan. Namun, mereka memiliki selera, tekstur, dan profil nutrisi yang berbeda.

Artikel ini membahas manfaat dan kerugian dari madu dan gula untuk kesehatan dan diet.

Persamaan dan perbedaan
Madu mengandung lebih sedikit fruktosa dan glukosa jika dibandingkan dengan gula, tetapi mengandung lebih banyak kalori.
Madu dan gula sama-sama karbohidrat, terdiri dari dua jenis gula: glukosa dan fruktosa.

Fruktosa olahan, yang ditemukan dalam pemanis, dimetabolisme oleh hati dan telah dikaitkan dengan:

kegemukan
penyakit hati berlemak
diabetes
Baik fruktosa dan glukosa dipecah dengan cepat oleh tubuh dan dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Proporsi glukosa dan fruktosa dalam madu dan gula berbeda:

gula adalah 50 persen fruktosa dan 50 persen glukosa
madu mengandung 40 persen fruktosa dan 30 persen glukosa
Sisa madu terdiri dari:

air
serbuk sari
mineral, termasuk magnesium dan potasium
Komponen tambahan ini mungkin bertanggung jawab atas beberapa manfaat kesehatan dari madu.

Gula lebih tinggi pada indeks glikemik (GI) daripada madu, yang berarti meningkatkan kadar gula darah lebih cepat. Ini karena kandungan fruktosanya yang lebih tinggi, dan tidak adanya mineral.

Tetapi madu memiliki kalori sedikit lebih banyak daripada gula, meskipun lebih manis, jadi mungkin dibutuhkan lebih sedikit. Kedua pemanis tersebut dapat menyebabkan penambahan berat badan jika digunakan secara berlebihan.

Manfaat madu
Madu telah digunakan sejak zaman kuno sebagai pemanis dan obat.

Ini adalah cairan kental yang dihasilkan oleh lebah madu dan warnanya berkisar dari kuning jerami hingga coklat tua. Lebah mengumpulkan nektar dari bunga dan mencampurnya dengan enzim untuk membentuk madu sebelum menyimpannya di sel sarang lebah agar tetap segar.

Madu dikaitkan dengan beberapa manfaat:

Lebih banyak nutrisi dan lebih sedikit diproses daripada gula
Madu bervariasi dalam komposisi nutrisinya berdasarkan asal nektar yang digunakan untuk membuatnya. Secara umum, mengandung sejumlah kecil serbuk sari lokal bersama dengan zat lain, seperti:

asam amino
antioksidan
enzim
mineral
vitamin
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu gelap memiliki lebih banyak antioksidan daripada madu ringan.

Juga, madu kurang diproses daripada gula karena biasanya hanya dipasteurisasi sebelum digunakan. Madu mentah juga dapat dimakan dan mengandung lebih banyak antioksidan dan enzim daripada varietas yang dipasteurisasi.

Pereda batuk
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu adalah cara alami untuk meredakan batuk pada anak.

Sebuah studi 2007 menemukan bahwa anak-anak dengan bronkitis yang diberi madu hitam mengalami pengurangan gejala yang lebih besar daripada mereka yang menggunakan plasebo. Namun, manfaatnya kecil.

Penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa madu lebih baik daripada tidak ada pengobatan sama sekali untuk batuk, meskipun beberapa obat memberikan bantuan gejala yang lebih besar.

Pereda alergi
Laporan anekdotal menunjukkan bahwa madu yang diproduksi secara lokal dapat membantu mengurangi gejala alergi musiman. Namun, studi klinis belum menunjukkan hal ini secara konsisten.

Satu studi yang diterbitkan pada tahun 2011, menemukan bahwa orang dengan alergi serbuk sari birch, yang mengonsumsi madu serbuk sari birch, mengalami:

pengurangan 60 persen dalam gejala
70 persen lebih sedikit hari dengan gejala parah
dua kali lebih banyak hari tanpa gejala
Mereka juga mampu mengurangi asupan antihistamin hingga 50 persen dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Manfaat ini mungkin telah diperparah oleh manfaat antioksidan dan anti-inflamasi madu.

Juga, satu pengobatan untuk alergi adalah untuk membuat tubuh tidak peka terhadap reaksi dengan berulang kali memasukkan sejumlah kecil alergen. Sejalan dengan ini, madu lokal mungkin mengandung jejak serbuk sari yang menyebabkan alergi musiman.

Penggunaan topikal
Madu telah menunjukkan manfaat ketika dioleskan, karena memiliki sifat antimikroba:

Penyembuhan luka: Penelitian menunjukkan bahwa madu menawarkan manfaat yang cukup besar dalam pengobatan alami dan aman untuk luka kronis, bisul, dan luka bakar.
Dermatitis seboroik: Madu mentah ditemukan untuk secara nyata meningkatkan dermatitis seboroik, yang merupakan kondisi kulit kepala yang gatal dan terkelupas. Aplikasi madu mingguan juga mengurangi kerontokan rambut yang terkait dengan kondisi tersebut dan mencegah kekambuhan di antara peserta penelitian.
Lebih mudah dicerna
Madu mungkin lebih mudah daripada gula pada sistem pencernaan.

Karena komposisinya, gula biasa harus dicerna sebelum dipecah. Saat lebah menambahkan enzim ke madu, gula sudah dipecah sebagian, membuatnya lebih mudah dicerna.

Berbagai produk madu tersedia untuk dibeli secara online.

Kerugian dan risiko madu
Beberapa kerugian dan risiko paling umum yang terkait dengan madu meliputi:

Jumlah kalori tinggi
Satu sendok makan madu mengandung 64 kalori, yang lebih tinggi dari gula dengan 49 kalori per sendok makan.

Risiko botulisme pada bayi
Tidak aman memberikan madu kepada bayi di bawah 12 bulan. Spora bakteri madu dapat menyebabkan botulisme pada bayi, penyakit yang jarang namun berpotensi mengancam jiwa.

Spora yang menyebabkan botulisme pada bayi tidak berbahaya pada anak yang lebih besar dan orang dewasa. Gejala botulisme pada bayi meliputi:

sembelit
kelemahan umum
tangisan lemah
Dampak terhadap gula darah dan risiko penyakit
Madu memiliki efek yang sama seperti gula pada kadar glukosa darah. Ini terutama bermasalah bagi penderita diabetes dan resistensi insulin.

Terlalu banyak madu dapat menyebabkan masalah gula darah pada orang sehat juga, meningkatkan risiko:

penambahan berat badan
diabetes tipe 2
penyakit jantung

Manfaat gula
Ada banyak jenis gula yang berbeda dan mereka tidak memiliki nutrisi tambahan kecuali tetes tebu.
Gula berasal dari tebu atau gula bit. Meski berasal dari bahan alami, gula membutuhkan banyak pengolahan sebelum menjadi produk akhir.

Ada beberapa jenis gula antara lain:

cokelat
muscovado
bubuk
mentah
turbinado
putih
Semua bentuk gula ini terdiri dari glukosa dan fruktosa, yang berikatan membentuk gula yang dikenal sebagai sukrosa.

Gula tidak memiliki nutrisi tambahan. Namun, gula merah, yang merupakan campuran gula putih dan produk sampingan dari pembuatan gula yang dikenal sebagai molase, mungkin memiliki beberapa mineral.

Manfaat utama yang terkait dengan penggunaan gula meliputi:

Lebih rendah kalori daripada madu
Gula mengandung 49 kalori per sendok makan, sedangkan madu memiliki 64 kalori. Namun, madu lebih manis daripada gula, jadi mungkin diperlukan lebih sedikit untuk mencapai rasa manis yang sama.

Biaya rendah dan umur simpan yang lama
Gula murah, mudah didapat, dan memiliki umur simpan yang lama. Itu juga membuat banyak makanan lebih enak, dan karenanya, ini adalah bahan pokok lemari toko yang menarik.

Kerugian dan risiko gula
Ada beberapa kerugian dan risiko yang terkait dengan konsumsi gula.

Lebih tinggi pada indeks glikemik daripada madu
Gula dapat meningkatkan kadar glukosa darah lebih cepat daripada madu. Hal ini menyebabkan semburan energi yang cepat, diikuti oleh penurunan tajam yang ditandai dengan kelelahan, sakit kepala, dan kesulitan berkonsentrasi.

Peningkatan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.
Kenaikan berat badan dan obesitas berhubungan dengan konsumsi gula yang tinggi, meningkatkan risiko penyakit.

Lebih banyak masalah untuk hati
Karena hati harus memetabolisme fruktosa olahan, masalah yang berkaitan dengan fungsi hati dapat terjadi dengan asupan gula yang tinggi. Ini termasuk:

penyakit hati berlemak nonalkohol (NAFLD)
manajemen kolesterol
kegemukan
gigi berlubang
Karies atau gigi berlubang berkembang lebih cepat dan lebih banyak pada gigi dengan diet gula tinggi.

Ini benar untuk semua orang. Gula harus dihindari untuk mengurangi risiko gigi berlubang.

Perubahan bakteri usus
Diet tinggi gula dikaitkan dengan keragaman bakteri usus yang kurang sehat. Ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit kronis.

Lebih sulit dicerna daripada madu
Seperti yang dikatakan sebelumnya, gula tidak mengandung enzim seperti madu, sehingga lebih sulit untuk dicerna.

Mana yang terbaik?
Terlalu banyak madu atau gula dalam makanan dapat menyebabkan masalah gigi seperti kerusakan gigi.
Dimungkinkan untuk mengonsumsi terlalu banyak madu dan gula. Risiko konsumsi berlebihan juga sama untuk keduanya. Kekhawatiran utama adalah:

penambahan berat badan
peningkatan risiko penyakit
gula darah memuncak dan jatuh
peningkatan risiko kerusakan gigi
Oleh karena itu, kedua produk harus digunakan dalam jumlah sedang atau tidak sama sekali. Sementara madu memang memiliki beberapa manfaat kesehatan, mereka sebagian besar diamati ketika digunakan sebagai respons terhadap masalah tertentu, seperti batuk atau alergi, atau ketika digunakan secara topikal, yang tidak mempengaruhi kadar gula darah.

Jika memilih madu daripada gula, pilih varietas mentah yang gelap, yang mengandung lebih banyak nutrisi, enzim, dan antioksidan.

Memotong
The American Heart Association (AHA) menyarankan agar wanita mengonsumsi tidak lebih dari 100 kalori sehari dari gula (sekitar 6 sendok teh) dan pria tidak lebih dari 150 kalori per hari (9 sendok teh).

Penting untuk dicatat jumlah ini memperhitungkan gula yang sudah ditambahkan ke makanan olahan dan makanan kemasan, serta semua jenis gula, termasuk madu dan sirup.

Tips untuk mengurangi asupan gula dan madu meliputi:

Potong porsi menjadi dua: Gunakan setengah sendok madu atau gula dalam minuman dan sereal, bukan sendok penuh.
Kurangi gula dalam memanggang hingga sepertiga: Ini mengurangi asupan tanpa berdampak besar pada rasa atau tekstur.
Gunakan ekstrak atau rempah-rempah manis: Ekstrak seperti almond atau vanila dapat memberikan rasa manis pada smoothie atau makanan yang dipanggang tanpa meningkatkan asupan gula. Jahe, kayu manis, dan pala adalah contoh bumbu manis yang bisa menambah rasa manis tanpa kalori.
Gantikan saus apel tanpa pemanis atau pisang tumbuk: Pure buah alami ini dapat diganti dengan gula dalam jumlah yang sama dalam pembuatan kue dan resep lainnya.
Puaskan hasrat manis dengan buah: Berry segar, pisang, mangga, dan buah-buahan lainnya dapat memuaskan gigi manis tanpa perlu beralih ke gula. Buah kalengan dalam air juga merupakan pilihan yang baik. Hindari buah kalengan dalam sirup.
Pemanis alternatif tidak dianjurkan untuk mengurangi asupan gula. Ini dikenal sebagai pemanis non-nutrisi.

Contohnya termasuk aspartam, sakarin, dan sucralose. Meskipun FDA melaporkan pemanis ini aman digunakan, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa mereka dapat:

meningkatkan ngidam gula
menyebabkan gangguan pada bakteri usus
secara tidak langsung mempengaruhi sensitivitas insulin

Leave a Reply

Your email address will not be published.