Waspadai Bahaya Maraton Jangka Panjang

Ahli jantung mengatakan bahwa untuk kesehatan optimal kita harus membatasi olahraga kuat antara 30 sampai 50 menit per hari.

Para periset, dari Institut Hati Mid Amerika dari Saint Luke, Kansas City, AS, menjelaskan dalam jurnal Heart bahwa berjalan terlalu lama atau terlalu cepat tidak akan lebih baik untuk kesehatan daripada OLAH RAGA DENGAN sesi cukup SEDANG dari tiga puluh sampai lima puluh menit per hari.

Waspadai Bahaya Maraton Jangka Panjang
Waspadai Bahaya Maraton Jangka Panjang

Ini adalah mitos untuk berpikir bahwa latihan intensif dan tahan lama, seperti maraton hanya bisa memberi Anda kebaikan ekstra. Faktanya, para periset mengatakan bukti menunjukkan bahwa aktivitas tipe maraton lebih cenderung membahayakan kesehatan jantung.

Saat generasi baby boomer datang dari usia remaja, sering menjadikan lari maraton menjadi sangat populer. Sebagian besar percaya bahwa latihan aerobik itu baik untuk Anda, padahal tidaklah demikian.

Thomas Bassler, seorang dokter / pelari pada tahun 1975 menyatakan bahwa mereka yang bisa berlari maraton dapat sepenuhnya terlindungi dari kematian akibat penyakit jantung koroner. Namun, penulis laporan ini menekankan bahwa sebaliknya mungkin benar. Mereka menjelaskan bahwa latihan ketahanan ekstrim mungkin justru tidak baik bagi kesehatan kardiovaskular.

Menurut para peneliti, latihan ketahanan ekstrim yang kronis tampaknya “menyebabkan” keausan ‘berlebihan pada jantung, menyebabkan remodeling struktural dan listrik yang merugikan, yang justru tidak memberikan manfaat bagi perbaikan umur yang diberikan oleh aktivitas fisik moderat.

Mereka menekankan bahwa latihan ketahanan ekstrim jangka panjang mungkin tidak membunuh Anda, tapi mungkin menghilangkan beberapa manfaat kesehatan yang diberikan olahraga moderat.

Penulis memperingatkan:

“Jika Anda benar-benar ingin melakukan maraton atau triatlon jarak jauh, dan lain-lain, mungkin lebih baik melakukan hanya satu atau beberapa kali saja dalam beberapa rentang periode dan kemudian melanjutkan ke pola latihan yang lebih aman dan lebih sehat.”

Mereka menambahkan bahwa rutinitas olahraga ringan hampir pasti akan membantu Anda hidup lebih lama. Di sisi lain, berlari terlalu cepat, terlalu jauh dan selama bertahun-tahun mungkin “mempercepat kemajuan seseorang menuju garis akhir kehidupan.”

Para ilmuwan dari Universitas Manitoba menemukan bahwa seringkali muncul kelainan jantung yang berkembang selama penyelesaian maraton dalam tujuh hari setelah balapan selesai. Mereka menambahkan bahwa efeknya bisa serupa untuk pelari berusia di atas 50 tahun.

Mereka menerbitkan temuan mereka dalam Journal of Cardiovascular MRI.

Penulis pertama, Dvinder Jassal, mengatakan bahwa aman bagi pelari berusia di atas 50 tahun untuk menjalankan maraton. Dia menambahkan “Tidak ada bukti kerusakan jantung permanen dari maraton berulang yang berjalan pada individu berusia di atas 50 tahun.”

Para peneliti memeriksa relawan yang berlari di Marathon Manitoba Full 2010 dan 2011. Mereka semua sehat. Mereka melakukan ultrasound jantung (echocardiographies), pemindaian MRI dan CT, dan tes darah. Mereka menemukan bahwa setelah menyelesaikan maraton sejauh 26,2 mil, pelari teratas berusia 50+ tahun memiliki elevasi sementara pada spidol darah dan kelemahan sementara dan pembengkakan di sisi kanan jantung. Kelainan ini kembali normal dalam tujuh hari setelah menyelesaikan lomba.

Mengukur manfaat aktivitas fisik

Periset dari Rumah Sakit Brigham dan Wanita berhasil menghitung berapa tahun kehidupan yang diperoleh oleh berbagai tingkat aktivitas fisik. Mereka berhasil mencantumkan manfaat sesuai dengan kelompok orang yang berbeda dengan berbagai jenis BMI (indeks massa tubuh).

Dalam studi mereka, yang diterbitkan di PLOS Medicine, mereka menemukan bahwa menambahkan sejumlah kecil latihan ke rutinitas sehari-hari seseorang, seperti 75 menit berjalan cepat per minggu, dikaitkan dengan kehidupan 1,8 tahun ekstra setelah usia 40 tahun, dibandingkan dengan tidak melakukan apa-apa

Peneliti senior, I-Min Lee, MD, menambahkan bahwa apapun di atas tingkat ini memberikan perbaikan lebih lanjut dalam harapan hidup. Berjalan dengan cepat selama 450 menit atau lebih per minggu ditemukan memberi kebanyakan orang umur 4.5 tahun lebih lama. Mereka menemukan bahwa semakin lama orang menghabiskan setiap minggu untuk aktif secara fisik, semakin besar umur panjang mereka – ini terjadi pada semua kelompok usia, termasuk obesitas, kelebihan berat badan dan orang dengan berat badan normal.

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*