Tabel Denyut Jantung Normal Pada Usia yang Berbeda Menurut NIH

Jantung yang sehat paling mudah dideteksi dengan cara cek denyut nadi kita. Caranya mudah, tinggal cek denyut di lengan, sampai terdeteksi denyut nadi dan kemudia hitung selama satu menit. Jumlah denyut dalam satu menit idealnya mengikuti tabel standar kesehatan.

Tabel Denyut Jantung Normal Pada Usia yang Berbeda Menurut NIH
Tabel Denyut Jantung Normal Pada Usia yang Berbeda Menurut NIH

Berikut ini adalah tabel denyut jantung normal pada usia yang berbeda menurut The National Institutes of Health (NIH):

Age Normal heart rate (bpm)
Up to 1 month 70 to 190
From 1 to 11 months 80 to 160
From 1 to 2 years 80 to 130
From 3 to 4 years 80 to 120
From 5 to 6 years 75 to 115
From 7 to 9 years 70 to 110
Over 10 years 60 to 100

Detak jantung istirahat dapat bervariasi dalam rentang normal ini. Ini akan meningkat sebagai respons terhadap berbagai perubahan, termasuk olahraga, suhu tubuh, pemicu emosional, dan posisi tubuh, seperti untuk sesaat setelah berdiri dengan melakukan aktivitas berat.

Targetkan denyut jantung saat berolahraga

Denyut jantung meningkat saat berolahraga. Saat melatih kebugaran, penting untuk tidak terlalu banyak menahan beban pada jantung. Namun, seseorang membutuhkan detak jantung yang meningkat saat berolahraga untuk memberi lebih banyak oksigen dan energi untuk bagian tubuh lainnya.

Sementara denyut jantung meningkat sebagai akibat aktivitas fisik, penurunan detak jantung target secara keseluruhan dimungkinkan akan terjadi dari waktu ke waktu. Ini berarti jantung bekerja sedikit untuk mendapatkan nutrisi dan oksigen yang diperlukan ke berbagai bagian tubuh, membuatnya lebih efisien.

Latihan kardiovaskular bertujuan untuk mengurangi target detak jantung. Target ideal detak jantung berkurang seiring bertambahnya usia. Anda juga perlu memperhatikan detak jantung maksimal. Hal ini menunjukkan kemampuan jantung penuh, dan biasanya dicapai melalui latihan dengan intensitas tinggi.

Dengan latihan olah raga kardio yang teratur, jantung akan menjadi sehat dan terlatih. Olah raga kardio yang disarankan adalah jalan, lari, bersepeda dan renang.

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*