Home   Instrumentation Control Engineering   Saya Baru Saja Mengalami Kecelakaan Mobil, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Saya Baru Saja Mengalami Kecelakaan Mobil, Apa yang Harus Saya Lakukan?

 

Perhatikan Langkah Berikut untuk Klaim Asuransi Setelah Kecelakaan Terjadi:

Cek Kondisi Penumpang: Pertama kali cek diri sendiri dan penumpang lain, Apakah ada yang terluka? Jika butuh bantuan darurat, segera hubungi Rumah Sakit Terdekat di Nomor 119 atau 110.

Tukar Informasi: Setelah kejadian, jika memungkinkan (tidak ada luka serius/darurat) catat informasi kendaraan yang mengalami kecelakaan dengan Anda untuk keperluan klaim asuransi. Catat nama pengendara, no telp, No SIM, jenis dan Plat No kendaraan.

Buat Laporan Kecelakaan: Setelah kejadian, segera buat laporan kecelakaan di kantor polisi tedekat dan mintalah copy laporan kejadian untuk proses klaim asuransi.

Ambil Foto Kejadian: Saat terjadi kecelakaan, foto kejadian meliputi kondisi kendaraan, identitas kendaraan dan pengemudi memudahkan proses klaim asuransi kedepannya.

Hubungi Pihak Asuransi: Setelah kejadian segera hubungi call center atau agen asuransi untuk mengikuti tahapan proses klaim selanjutnya.

Proses Perbaikan Kendaraan (Penggantian Kerugian) Setelah Kecelakaan

Banyak nasabah asuransi yang tidak tahu apa yang seharusnya dia dapatkan setelah proses pengiriman berkas asuransi lengkap terkirim ke perusahaan asuransi. Berikut ini tahap lanjutan dari proses berkas klaim lengkap sampai dengan penggantian kerugian:

Jadwal cek dan estimasi kerugian: Setelah kejadian kecelakaan pihak asuransi surveyor akan melihat kondisi kendaraan, proses cek kerusakan, dilengkapi dengan foto kondisi kendaran untuk membuat laporan ke bagian loss adjuster (penilai kerugian asuransi).

Bagian loss adjuster (penilai kerugian asuransi): Bagian loss adjuster akan menilai laporan dari surveyor terkait kerusakan dan data yang disampaikan. Jika kerusakan masuk dalam proteksi asuransi maka akan dilanjutkan dengan proses estimasi bengkel.

Proses estimasi bengkel resmi (authorized): Pihak asuransi akan membawa kendaraan Anda ke bengkel rekanan asuransi untuk proses estimasi biaya perbaikan. Setelah itu, pihak asuransi akan mengeluarkan Surat Perintah Kerja (SPK) yang menandakan dimulainya perbaikan kendaraan.

Proses estimasi bengkel non resmi (athorized): Jika di sekitar lokasi Anda tidak terdapat bengkel resmi atau pilihan asuransi Anda berlaku untuk semua bengkel (remi maupun non resmi) dan pihak asuransi menunjuk bengkel non resmi, maka proses estimasi dan perbaikan sama dengan proses di bengkel resmi.

Proses penggantian mobil pengganti selama perbaikan kendaraan: Kadangkala proses perbaikan kendaraanmobil butuh beberapa hari lamanya. Jika paket asuransi yang Anda pilih ada pilihan untuk mobil pengganti, maka selama masa tunggu perbaikan selesai Anda bisa meminta mobil pengganti kepada pihak asuransi.

Proses pembayaran:Sebelum proses perbaikan dimulai, nasabah asuransi akan diminta menandatangani persetujuan estimasi biaya kerugian. Setelah proses perbaikan selesai, nasabah asuransi akan diminta membayar biaya resiko sendiri (own risk) sebelum mengambil kendaraan yang sudah selesai diperbaiki.

Progres klaim asuransi:Untuk melihat progres klaim asuransi kendaraan, nasabah asuransi bisa cek ke agen atau perusahaan asuransi atau bisa cek online jika perusahaan asuransi punya fasilitas cek online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get Best Services from Our Business.