Home   Pojok Bugar dan Sehat   Prediksi Usia Jantung Anda Sekarang dengan Kalkulator Jantung

Prediksi Usia Jantung Anda Sekarang dengan Kalkulator Jantung
Kesehatan Jantung Bisa Diukur dengan Jari Tangan?

Usia boleh muda, tetapi bagaimana dengan usia jantung Anda? apakah usia jantung Anda selaras dengan usia Anda saat ini? atau justru sangat jauh berbeda?. Usia jantung setiap orang berbeda-beda, tergantung dari setiap pola hidup yang diterapkan pada masing-masing pribadi.

Prediksi Usia Jantung Anda Sekarang dengan Kalkulator Jantung

Prediksi Usia Jantung Anda Sekarang dengan Kalkulator Jantung

Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Center for Disease control and Prevention, 1 dari 2 pria memiliki usia jantung yang lebih tua 5 tahun dibandingkan dengan usia pria saat itu juga. Pada wanita, didapati 2 dari 5 wanita memiliki usia jantung lebih tua dibandingkan usianya saat itu. Namun, hal ini juga dipengaruhi oleh pola hidup. Misalnya saja pada wanita yang berusia 45 tahun sebagai perokok aktif, memiliki riwayat diabetes, tekanan darah tinggi, dan dengan status gizi normal maka wanita ini memiliki usia jantung 75 tahun. Untuk menmperkirakan usia jantung Anda saat ini, Anda dapat menggunakan kalkulator penghitung umur jantung yang kini terdapat di internet (https://www.cdc.gov/vitalsigns/cardiovasculardisease/heartage.html).

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghitung berapa umur jantung Anda saat ini. Namun yang paling banyak digunakan adalah alat penghitung atau kalkulator khusus yang dibuat dari hasil penelitian Framingham Heart Study. Proyek ini dilakukan oleh National Heart, Lung, and Blood Institute dan Boston University.

Dalam kalkulator penghitung ini, ada beberapa hal yang harus Anda isi datanya, seperti riwayat diabetes, kebiasaan merokok, indeks massa tubuh, usia saat ini, jenis kelamin dan berapa tekanan darah Anda yang paling terakhir. Meskipun kalkulator pengitung umur jantung ini belum ada di Indonesia, Anda dapat menghitungnya

Untuk membuat jantung Anda tetap sehat dan tepat sesuai dengan kondisi , maka Anda dapat menghindari asap rokok maupun penggunaan rokok, kendalikan tekanan darah Anda melalui pola makan Anda yang harus dijaga mulai saat ini, berolahragalah dengan dengan rutin, dan kendalikan status gizi Anda, karena dengan mengendalikan satus gizi.

Dengan melakukan beberapa hal tersebut, maka Anda sudah menghindari potensi terkena serangan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get Best Services from Our Business.