Memulai Olahraga di Usia 40 Tahun Memiliki Manfaat Jantung yang Sama Seperti Latihan Saat Usia 30 Tahun

Kita semua pernah mendengar pepatah, pepatah bijak lif begins at forty “kehidupan dimulai pada usia 40 Tahun.” Kini, sebuah studi baru menunjukkan bahwa latihan ketahanan juga bisa memberikan manfaat jantung yang sama seperti jika dimulai sebelum usia 30 tahun.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, tim peneliti, termasuk David Matelot dari unit Inserm 1099 di Universitas Rennes di Prancis, baru-baru ini mempresentasikan temuan mereka di Kongres EuroPRevent di Belanda. Untuk melakukan penelitian tersebut, mereka menilai 40 pria sehat dari Prancis berusia antara 55 dan 70 tahun. Semua peserta dibagi menjadi kelompok yang bergantung pada tingkat olahraga dan usia di mana mereka memulai.

Riset ini menghasilkan tiga kelompok; satu kelompok tidak pernah berolahraga lebih dari 2 jam seminggu sepanjang hidup mereka, kelompok lain berolahraga minimal 7 jam seminggu selama 5 tahun dan dimulai sebelum usia 30 tahun, sementara kelompok ketiga berolahraga paling sedikit 7 jam seminggu dan dimulai setelah usia 40. Semua sampel berolahraga di semua kelompok yang terlibat baik berlari atau bersepeda.

Rata-rata, mereka yang mulai berolahraga sebelum berusia 30 tahun berlatih rata-rata 39 tahun, atau dari usia 22 tahun. Mereka yang mulai berolahraga setelah 40 tahun berlatih rata-rata 18 tahun, atau dari usia 48.

Untuk melihat efek olahraga terhadap hati peserta, detak jantung dan pengambilan oksigen diukur selama latihan maksimal. Mereka juga menjalani echocardiography – sebuah tes yang menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar bergerak dari jantung – saat istirahat dan selama latihan maksimal.

Hati ‘bisa berubah melalui olahraga, berapapun usia’

Para periset menemukan bahwa rata-rata denyut jantung rata-rata serupa pada mereka yang berolahraga secara teratur. Mereka yang memulai latihan sebelum usia 30 memiliki denyut jantung istirahat sebesar 56,8 denyut per menit (bpm), sedangkan denyut jantung istirahat adalah 58,1 bpm pada mereka yang memulai setelah usia 40 tahun.

Memulai olahraga dari usia 40 tahun memiliki manfaat jantung yang sama jika dimulai sebelum usia 30 tahun, menurut periset.

Pemanfaatan oksigen maksimal juga serupa untuk kedua kelompok berolahraga. Mereka yang berolahraga sebelum usia 30 memiliki pengambilan oksigen maksimal 47,3 ml / min / kg, sedangkan 44,6 ml / min / kg untuk mereka yang dimulai setelah usia 40 tahun. Namun, kelompok non-olahraga memiliki denyut jantung istirahat yang jauh lebih cepat, pada 69,7 bpm, dan pengambilan oksigen maksimal secara signifikan lebih rendah, pada 33,0 ml / min / kg.

Dari hasil echocardiography, tim menemukan bahwa ventrikel kiri dan kedua atrium di jantung lebih besar pada dua kelompok olahraga, dibandingkan dengan kelompok non-olahraga. Kelompok yang tidak berolahraga juga memiliki dinding pembuluh darah yang lebih tebal daripada kelompok berolahraga.

“Jadi,” kata Matelot, “remodeling jantung tampaknya berbeda antara kedua kelompok terlatih dan subjek yang tidak terlatih.”

Para periset juga menemukan bahwa kedua kelompok berolahraga memiliki fungsi diastolik yang lebih baik – proses di mana ventrikel kiri terisi dengan darah saat jantung rileks – daripada kelompok non-olahraga. Periset membandingkan hasil ekokardiografi antara kedua kelompok olahraga, peneliti tidak menemukan perbedaan.

Mengomentari temuan tersebut, Matelot mengatakan:

“Meskipun terjadi perubahan biologis seiring bertambahnya usia, jantung masih nampak – bahkan pada usia 40 – dapat dimodifikasi dengan latihan ketahanan. Berawal pada usia 40 tahun tampaknya tidak mengganggu manfaat jantung.

Namun, pelatihan ketahanan juga bermanfaat untuk kepadatan tulang, untuk massa otot, untuk stres oksidatif. Dan manfaat ini diketahui lebih besar jika pelatihan dimulai di awal kehidupan. “

Matelot mencatat bahwa seiring bertambahnya usia, sistem kardiovaskular kita mengalami perubahan struktural dan fungsional yang merugikan. Meski olahraga tidak bisa menghentikan perubahan ini terjadi, dia bilang itu bisa memperlambatnya.

Dia menunjukkan, bagaimanapun, bahwa tidak jelas apakah memulai pelatihan ketahanan di kemudian hari dapat menangkal dampak yang sebelumnya tidak dimiliki olahraga terhadap jantung.

“Tapi tidak ada kata terlambat untuk mengubah cara hidup Anda dan lebih aktif secara fisik,” tambahnya. “Ini akan selalu bermanfaat

Memulai Olahraga di Usia 40 Tahun Memiliki Manfaat Jantung yang Sama Seperti Latihan Saat Usia 30 Tahun
Memulai Olahraga di Usia 40 Tahun Memiliki Manfaat Jantung yang Sama Seperti Latihan Saat Usia 30 Tahun

bagi jantung dan kesehatan, dan tidak perlu latihan tingkat tinggi selama berjam-jam dalam seminggu. Dengan menggunakan tangga daripada lift, atau berkebun secara teratur, juga bisa bermanfaat.”

Pandangan ini baru-baru ini disuarakan dalam penelitian lain yang dilaporkan oleh Medical News Today, di mana peneliti menemukan bahwa untuk orang berusia 65 ke atas, peningkatan aktivitas fisik dapat mengurangi risiko serangan jantung.

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*