Home   Pojok UMKM   Mark Zuckerberg saat ditanya: Apa kesalahan yang harus kita hindari dalam bisnis? Dia menjawab:…

Mark Zuckerberg saat ditanya: Apa kesalahan yang harus kita hindari dalam bisnis? Dia menjawab:…

Bismillah…

Bekas luka, atau battle scar adalah peninggalan sesuatu yang mungkin, saat kita saat itu melakukannya, kita tidak mampu hingga terluka dan meninggalkan bekas.

Battle scar adalah bukti bahwa Anda melakukan sesuatu yang mungkin belum pernah Anda lakukan sebelumnya.

Battle scar adalah bukti bahwa Anda berjuang.

Karenanya, para prajurit sering menunjukkan battle scar mereka seperti layaknya lencana kehormatan. Itu bukti mereka berjuang membela sesuatu yang mereka hormati.

Foto ini muncul di Instagram feed saya beberapa hari yang lalu:

Itu adalah kondisi kaki atlet sepeda saat sudah melewati 16 babak Tour De France.

Di tangan saya saat ini, ada bekas luka saat tangan saya kesabet string panahan, bekas tergesek anak panah di dekat jembol saya, dan kapalan di telapak tangan saya karena memegang busur panah.

Untuk saya, belajar memanah itu sulit sekali, namun luka-luka ini menjadi pengingat sudah sejauh mana saya saat ini.

Bekas luka kadang tidak sedap dipandang, jelek, mengganggu, tapi dia ada disana untuk mengingatkan kita sudah pernah melewati sebuah masa-masa sulit, yang mungkin, saat itu kita pikir kita tidak bisa melewatinya.

Tapi toh lewat juga…

Dalam bisnis juga sama.

Saya pernah menonton cerita Jeff Bezos (Amazon) yang saat pertama kali jualan, saat orang membayar dengan kartu kredit, ternyata, karena kesalahan sistem, justru menarik uang pembelian dari kartu kredit Jeff.

Artinya, setiap transaksi terjadi, si pembeli mendapatkan buku gratis, dan Jeff, bukannya mendapatkan uang, malah mengeluarkan uang.

Dalam dunia email marketing, bekas luka Anda adalah cacian dan hinaan yang tiba di Inbox Anda yang akan menuduh Anda melakukan SPAM, atau tidak mengetahui cara unsubscribe.

Walaupun Anda mematuhi semua aturan yang ada di email marketing, walaupun Anda membangun database Anda dengan cara paling bersih dan halal, akan tetap ada yang menuduh Anda spamming, dll.

Awalnya hati saya tentu saja sulit menerimanya, namun lama kelamaan, cacian dan hinaan itu menjadi bekas luka untuk saya dalam email marketing, yang beberapa tinggal didalam inbox saya sampai sekarang.

Mark Zuckerberg saat ditanya:

Apa kesalahan yang harus kita hindari dalam bisnis?

Dia menjawab:

Anda akan melakukan banyak sekali kesalahan, jangan pusing mikirin kesalahan mana yang mau dihindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get Best Services from Our Business.