Manfaat Fisik dan Mental dari Berenang

Manfaat Fisik dan Mental dari Berenang
Manfaat Fisik dan Mental dari Berenang

Berenang adalah latihan untuk orang-orang dari segala usia. Olah raga ini bisa mudah dan tidak mahal, dan seseorang bisa pergi kapan saja sesuai dengan jadwal mereka sendiri. Berenang membantu seseorang untuk mendapatkan kondisi sehat dan juga tetap bugar, tetapi manfaatnya juga meluas ke kesehatan mental.

Orang yang berusia 19 hingga 64 tahun harus mendapatkan 150 menit aktivitas aerobik sedang setiap minggu. Anak-anak yang lebih muda juga harus aktif secara fisik.

Penting untuk memasukkan latihan kekuatan ke dalam rutinitas apa saja, untuk menjaga otot tetap kuat dan fleksibel. Karena kondisi kesehatan yang bagus harus dilanjutkan selama mungkin sepanjang hidup.

Seseorang dapat memilih berenang di atas sebagai alternatif. Ini memberikan tubuh latihan menyeluruh dan memiliki banyak keuntungan bagi orang-orang dari segala usia dan tingkat kebugaran.

3 manfaat berenang yang penting untuk diketahui

Berenang menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan mental dan fisik. 3 diantaranya tercantum di bawah ini.

Latihan seluruh tubuh

Berenang dapat meningkatkan denyut jantung, nada otot, dan mengatur berat badan. Berenang melibatkan hampir setiap kelompok otot utama, membutuhkan seseorang untuk menggunakan lengan, kaki, badan, dan perut mereka.

Berenang juga: meningkatkan detak jantung tanpa memberi tekanan pada tubuh, meningkatkan kekuatan, memperbaiki denyut nadi otot, meningkatkan kebugaran, membantu mengatur berat badan.

Membangun kekuatan kardiovaskular

Latihan kardiovaskular, sering disebut sebagai kardio, melibatkan jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah. Rutinitas latihan yang menyeluruh, seperti yang terjadi pada olah raga renang, akan mencakup jenis latihan ini.

Penelitian menunjukkan bahwa perenang memiliki setengah tingkat kematian orang yang tidak aktif. Sebuah studi dari 2016 menunjukkan bahwa berenang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol kadar gula darah.

Cocok untuk segala usia dan tingkat kebugaran

Beberapa jenis latihan mungkin menantang bagi orang yang baru atau merasa sangat tidak layak. Namun, berenang memungkinkan seseorang untuk pergi dengan kecepatan mereka sendiri, dan itu dapat mengundang untuk pendatang baru.

Seseorang dapat belajar berenang pada usia yang sangat muda, dan sebagian besar kolam renang memiliki area khusus untuk pemula dan orang yang lebih suka berenang perlahan.

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*