Home   Pojok Bugar dan Sehat   Cara Treadmill yang Benar bagi Penderita Hipertensi dan Gangguan Kardio Lainnya

Cara Treadmill yang Benar bagi Penderita Hipertensi dan Gangguan Kardio Lainnya

Treadmill merupakan salah satu jenis olah raga kardio terbaik yang paling aman dan mudah dikontrol progres dan efektivitasnya. Olah raga kardio adalah olah raga yang fokus untuk melatih kekuatan otot jantung agar semakin kuat dan maksimal. Karena berbagai sebab fungsi jantung bisa terganggu seperti efek penyakit hipertensi, penyumbatan akibat kolesterol tinggi dan sebagainya. Ancaman gangguan seperti ini bisa dihidari dengan olah raga kardio.

Cara Treadmill yang Benar

Cara Treadmill yang Benar

Ada 4 olah raga kardio yang disarankan sesuai dengan kemampuan fisik dan kondisi kesehatan, yaitu jalan kaki, lari, bersepeda dan berenang. Dari keempatnya yang paling bagus namun juga paling berat dilakukan adalah olah raga lari. Lari sendiri bisa dibagi dua, lari lintas alam (luar ruangan) atau lari treadmill (dalam ruangan). Treadmill sejauh ini lebih aman dari resiko cidera, serta mudah dalam kontrol progress maupun efktivitasnya.

Dalam melakukan treadmill sejatinya tidak ada yang benar maupun salah, namun biar aktivitas anda hasilnya positif beberapa hal berikut ini bisa dijadikan panduan (latihan ini digunakan dalam tataran ideal, jika anda ada ketidaksesuaian kondisi kesehatan atau kondisi fisik sebaiknya konsultasi ke dokter anda terlebih dahulu):

Untuk sekali latihan treadmill setidaknya anda menempuh jarak minimal 2 KM

Kecepatan mesin di seting pada posisi 7-8, terlalu lambat kurang efektif sedangkan terlalu cepat justru menjadikan olah raga anda anaerob (merusak fungsi otot tubuh)

Jika anda capek, jangan langsung stop tapi kurangi secara bertahap, misalnya kecepatan mesin di posisi 4-5, setekah capek berkurang anda naikkan lagi ke posisi 7-8

Anda ambil jalur (track) datar saja atau ketinggian (incline) tanjakan 0

Saat lari jangan sampai memegang handle mesin, karena akan menyebabkan beban bertumpu pada mesin dan olah raga anda kurang efektif

Jika dilakukan secara rutin dan berkala, misalnya sehari 2x pagi dan sore/malam, olah raga ini cukup efektif untuk meningkatkan daya tahan (endurance) tubuh, serta menghindari gangguan penyakit kardio seperti hipertensi,jantung, kolesterol dan sebagainya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get Best Services from Our Business.